Kembali

Software Flowmap tidak bisa langsung membaca Shapefile yang disiapkan pada ArcGIS, tetapi harus melalui dua tahap konversi. Tahap pertama adalah konversi dari Shapefile (*.SHP) ke Boundary File (*.BNA), dan tahap kedua adalah konversi dari Boundary File ke FlowmapFiles. Selain itu, attribut data untuk jaringan jalan harus ditambahkan secara manual, karena proses konversi sebagaimana diuraikan di atas tidak meliputi attribut data Shapefile. Langkah detail dari proses import dan setting data di Flomap adalah sebagai berikut;

1. Untuk mempermudah, buat folder baru C:\Suramadu:\Data FLOWMAP, sehingga pada folder C:\Suramadu\ ada dua folder; Data FLOWMAP dan Data GIS yang didapat dari tahap sebelumnya. Simpan file Flowmap hasi konversi di folder C:\Suramadu:\Data FLOWMAP.

2. Import data GIS agar bisa digunakan pada Flowmap dengan urutan Shapefile (*.SHP) -> Boundary File (*.BNA) -> Flomwap File.

3. Tambahkan data attribut jaringan jalan.

4. Masuk pada bagian Project Setting, dan atur input data yang meliputi; Background, Jaringan Jalan, Origins (pusat kelurahan), Destination (Pelabuhan Kamal).

5. Atur tampilan peta.

 

Langkah-langkah di atas dapat dilihat pada tutorial berikut;


Video Tutorial di atas dapat didownload di SINI.