Kembali

Artificial Intelligence (Kecerdasan Buatan) adalah salah satu bidang ilmu yang berkembang pesat seiring dengan perkembangan teknologi, khususnya teknologi komputer. Meskipun tujuan utama dari bidang ilmu ini adalah untuk mengembangkan mesin yang dapat berinteraksi dan beradaptasi dengan lingkungannya, banyak konsep AI yang juga dapat diterapkan untuk menunjang Perencanaan Wilayah dan Kota.

Salah satu alat dalam AI yang dapat dimanfaatkan dalam Perencanaan Wilayah dan Kota adalah Bayesian Network, yang dapat digunakan untuk mendukung pengambilan keputusan ketika seorang perencana dihadapkan pada ketidakpastian (Uncertainty) data. Banyak sekali data yang digunakan dalam proses perencanaan bersifat Probabilistik, dalam artian data tersebut hanya menunjukkan seberapa besar kemungkinan suatu kondisi akan terjadi. Penjelasan sederhana mengenai Bayesian Network dan pemanfaatannya dalam Perencanaan Wilayah dan Kota dapat dilihat pada presentasi berikut :

Saat ini terdapat banyak perangkat lunak yang dapat digunakan untuk melakukan analisa Bayesian Network, salah satunya adalah Microsoft Bayesian Network Editor (MSBNx). Deskripsi dan download MSBNx dapat dilihat pada halaman INI.

 

Tutorial untuk melakukan analisa Bayesian Network dengan menggunakan MSBNx dapat dilihat pada halaman BERIKUT.

 

Contoh pemanfaatan Bayesian Network dalam proses Perencanaan Wilayah dan Kota